Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Snorkeling

Tips Snorkeling
Kalian pasti tau apa itu snorkeling. Ya, Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Snorkeling merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan karena Anda bisa menjelajahi keindahan terumbu karang.

Snorkeling memang terlihat mudah, namun Anda jangan menganggap enteng kegiatan snorkeling, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipelajari saat Anda pertama kali memutuskan untuk mencoba kegiatan ini.

Berikut ini beberapa tips sebelum Anda melakukan kegiatan snorkeling:    

1. Pelajari Teknik Menyelam
Anda tidak perlu mempelajari teknik menyelam tingkat profesional, Anda cukup mempelajari teknik-teknik menyelam dasar. Agar dapat membantu gerakan-gerakan Anda saat melakukan snorkeling.

2. Periksa Cuaca dan Keadaan Laut
Sebelum Anda melakukan snorkeling pastikan cuaca dalam keadaan baik, begitupun dengan kondisi laut, pastikan laut tidak dalam keadaan pasang. Hal ini sangatlah penting untuk keselamatan Anda.

3. Gunakanlah Peralatan Snorkeling yang Benar 
Pastikan semua peralatan yang Anda gunakan untuk kegiatan snorkeling berfungsi dengan baik dan tentunya peralatan yang Anda gunakan sudah cocok atau sesuai untuk kebutuhan snorkeling. Ingat, jangan menggunakan pakaian berlebihan saat melakukan snorkeling karena akan mengganggu pergerakan Anda, alangkah baiknya jika Anda menggunakan pakaian renang atau menyelam.

4. Saat Menyelam, Pastikan Jarak Anda Cukup Jauh dari Makhluk Laut
Jangan menyentuh makhluk laut yang Anda temui saat menyelam, meskipun mereka terlihat sangat indah dan cantik. Seringkali makhluk laut yang terlihat cantik dan indah adalah spesies yang berbahaya atau beracun.

Demi keselamatan dan kenyamanan selama snorkeling pastikan Anda mengikuti semua Tips Snorkeling di atas. Satu lagi, sebelum melakukan snorkeling pastikan juga Anda mengolesi tubuh dengan sun block atau tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar oleh sengatan panas matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar