Minggu, 29 Juli 2012

Daftar 15 Opening Title Film Terbaik

Daftar 15 Opening Title Film Terbaik

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa Daftar 15 Opening Title Film Terbaik "Opening Title" atau "Opening Sequence" atau "Opening Credits" atau apalah namanya kita sebut aja "OT". Buat ane, semenjak nonton James Bond yg taon lawas sampe yg paling terakhir, ane jadi tertarik musti kudu nonton dan menyimak OT ini. Untuk film2 yang ber-sekuel banyak, akhirnya OT ini pun menjadi identitas yang tak terpisahkan dari film itu sendiri, seperti James Bond, Starwars dll.

Khusus film2 produksi Hollywood, sepertinya mereka punya ciri sendiri untuk membuat OT. Dan pastinya, mereka akan menyewa agency/desainer khusus untuk membuat OT film ybs, yg mgk juga diluar dari team produksi film. Dari situ ane penasaran, gimana sih urutan pembuatannya. Tapi sebelum ane menemukan jawabannya, malah ketemu 15 OT yg paling luar biasa versi Caritaudi.blogspot.com. Mungkin beberapa atau semuanya sudah agan-2 tonton. Jadi silakan menikmati 15 Opening Title berikut ini. Kalo agan2 dah pernah nonton film nya, dengan melihat OT film ybs, pasti dah kebayang nuansa & genre film tersebut dari OT-nya aja. That's the best thing about OT. Bisa aneh, serem, unik, naif banget, dll dll.

Berikut Daftar 15 Opening Title Film Terbaik :

1. SE7EN (Seven).
Se7en adalah salah satu yg terbaik dari spesialis pembuat OT, Kyle Cooper. OT film ini bener2 misterius, kelam dan ngga asik. Kalo kita yg sudah nonton filmnya pasti tahu deh, ini film emang tentang orang yang agak "sakit". Ane sendiri kagak mau nonton lagi karena ending nya agak menggenaskan.

2. VERTIGO
Vertigo adalah remake film dari Alfred Hitchcock spesialis film misteri. Versi awal th 1958 dan yg ini adalah versi th 2010. Ane sendiri blom pernah nonton. OT nya juga ane kurang begitu demen. Cuma kalo dilihat, emang film nya juga bakal aneh2 aja. OT ini dibuat oleh seorang master desain grafis, Saul Bass. Bass termasuk langganan Hitchcock di bbrp filmnya: Psycho, North by Northwest. Blom lagi bbrp OT dibuat untuk sutradara top Martin Scorsese

3. LORD OF WAR (LOW)
LOW sendiri ceritanya tentang perdagangan gelap senjata api. Tapi OT nya malah cerita tentang produksi hulu-hilir peluru senjata api. Agak ngga relevan tapi memang luar biasa.

4. GOLDFINGER (1964)
Film Bond lawas yg sebetulnya sinopsis nya sudah diceritakan di OT film ini. Banyak penggemar Bond menganggap Goldfinger sebagai OT terbaik. Perlu diingat zaman ini blom ada digital. Jadi blending2/superimposed nya bener-2 pake skil cinematic. Kalo hal yg jadi favorit ane, semua film Bond OST nya pasti lagu yg bakal ngetop...atau at least ane suka dah.

5. LOST IN TRANSLATION
Yang ini paling aneh. Cuma foto bokong nya Scarlett Johannson aja yg di shoot. Aneh banget.

6. JUNO
Kombinasi dari movie digabung dengan drawing animation. Keren. Ane suka nih.

7. THE INCREDIBLES
Bukan Pixar namanya kalo ngga unik dan keren. Film kartun 3D tapi OT nya tetep 2D. Mantepppp!

8. DR STRANGELOVE (1964)
Film boleh jadul th 1964, ane aja blom lahir. Tapi musti liat punya. Gaya nya pake hand-writing yg dicoret-2 di atas film. Dibuat oleh Pablo Ferro di film ini, kelihatan nya romantis, padahal shot film nya itu adalah pesawat pembom B-52 yg sedang isi bensin di udara. Tahu kan B52 itu yg membom Hiroshima dan Nagasaki. Ngga ada romantis-2 nya kaleee.

9. FUNNY GAMES
Buat ane sih OT nya total aneh. Shoot nya ngga nyambung dengan lagu klasik ala opera plus obrolan nya. Emang kalo Hollywood bisa aja bikin OT. Abis itu tiba2 ada cut music rock ngawur.....cekidot Agan.

10. AMERICAN PSYCHO
Intro yg cerdas untuk sebuah film bergenre action thriller yg bercerita tentang pembunuh seri. Sayang link youtube nya ngga ketemu. Jadi apa yg kita bakal kira sebagai darah ternyata adalah saus tomat.

11. SUPERBAD (2007)
Dari intro nya dah tahu pasti ini film komedi. Ane blom pernah nonton tapi ane suka banget intro nya. Ane revisi ternyata 2007 (tx agan di bawah). Keren.

12. THE PINK PANTHER (1963)
Klasik abis. Tapi animasi th 1963 itu kerja keras luar biasa banget. WARKOP DKI pun pake OST nya nyerempet2. Cekidot agan.

13. AUSTIN POWERS 2: The Spy Who Shagged Me
OT yg cerdas (versi norak) utk Austin Powers yg telanjang ke mana-mana dgn berbagai macam obyek penutup selangkangannya. Model ini juga ditiru dalam satu episode The Simpsons

14. BULLITT (1968)
Stylish & tegang versi jadul, OT nya dibuat jazzy banget dengan music oleh Lalo Schifrin. Kalo dipikir, emang film jadul kental dengan jazzy tunes. Ane blom liat film nya....agak kerasa kamseupay. Tapi kalo inget taon nya, ini mah keren.

15. UNDERTOW(2004)
Yang ini maap ane ngga ketemu clip nya yg langsung. Langsung aja di fast forward ke time code 3.30. Di situ mulai credit title nya. OT yg juga aneh dan cenderung sadis. Termasuk adegan kaki ketusuk paku. Dah jelas film ini pastinya penuh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar