Senin, 23 Juli 2012

Timnas SEA Games 2013 Harus Menang : Berlatih di Belanda

Timnas SEA Games 2013 Harus Menang : Berlatih di Belanda

Tim nasional Indonesia di bawah usia 23 tahun (U-23) yang dipersiapkan berlaga pada SEA Games XXVII 2013 di Myanmar kemungkinan besar menggelar pemusatan latihan di Belanda. Koordinator timnas, Bob Hippy, mengatakan latihan akan berlangsung dua hingga tiga bulan sebelum SEA Games.

"Satlak Prima kan memperbolehkan cabang olahraga yang diberangkatkan ke SEA Games untuk berlatih ke luar negeri. Mumpung kami sekarang ada tawaran dari Belanda, kenapa tidak diambil?" kata Bob kepada Tempo, Senin, 23 Juli 2012.

Tawaran tersebut, kata Bob, bermula saat Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Djohar Arifin Husein, bertemu Presiden Federasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB), Michael van Praag, saat Piala Eropa di Polandia beberapa waktu lalu.

"Mereka (KNVB) sampaikan kepada Ketua Umum bahwa mereka ingin membantu. Kalau mereka ingin bantu, kenapa tidak? Di sana (Belanda) kan fasilitas latihannya bagus," ujar Bob.

Namun, menurut Bob, konsep pemusatan latihan yang akan digelar timnas U-23 nanti akan berbeda dengan pemusatan latihan yang sebelumnya pernah dilakukan pada 2006. Kalau pada 2006 latihannya berlangsung sejak awal, saat ini latihan hanya untuk memperbaiki kekurangan kecil dan memperbanyak uji coba.

"Kalau dulu kan membentuk tim dari sana, mulai dari latihan fisik dan sebagainya. Kalau sekarang, yang berangkat ke Belanda adalah tim yang sudah siap. Datang ke sana hanya untuk beruji coba dan memperbaiki kekurangan," Bob menuturkan.

Namun, dia enggan memerinci nilai biaya yang dikeluarkan untuk pemusatan latihan tersebut. Dia hanya mengatakan biaya akan ditanggung oleh Satlak Prima selaku koordinator cabang olahraga yang dipersiapkan ke SEA Games dan dibantu oleh PSSI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar